PAGES MENU

Rabu, 20 Ogos 2014

Budaya Lumajang

Lumajang. Siapa sih yang kenal sama lumajang. Wah ini mungkin menjadi kata pedas buat kita semua penduduk Lumajang. Ini adalah bentuk keprihatinan ku terhadap kabupaten tempatku tinggal. Lumajang dikenal dengan sebutan kota
Pisang dan memang pisang merupakan buah yang akan sering anda temui ketika Anda berkunjung ke Lumajang. Berbagai jenis pisang banyak dijual di pasar, tetapi ada satu pisang khas Lumajang, yaitu pisang agung.Di luar sana Lumajang tidak dipandang apa sebagai kabupaten yang waw. Orang lain di luar sana jarang yang mengetahui pasti tentang Lumajang. Jangankan tentang apa saja yang ada dilumajang, keberadaannya pun masih diragukan oleh sebagian orang. Bahkan kenyataan yang lebih pahit beberapa temanku yang berasal dari luar kabupaten tapi tetap dalam satu provinsi jawa timur tidak mengetahui keberadaan lumajang. Haduh parah banget kan?
Keperihatinanku sangat memuncak ketika tadi aku melihat sendiri seni tari yang khas lumajang. Tetapi aku tidak mengetahui itu. Dan aku yakin bahwa generasi muda lumajang banyak yang belum mengetahui itu. Wah aku jadi malu dengan budayaku sendiri. Kalau seperti ini keadaannya maka lambat laun kebudayaan asli ini akan tergerus jaman dan hilang di telan peradaban. Mau kah kita terjadi seperti itu? Tentu tidak kan?
Kebudayaan Misalnya tari glipang tadi, batik lumajang, dan berbagai icon kabupaten lumajang terkubur dalam dalam dari dunia informasi ini.
Lihat saja kalau bukan kita yang mengatahuinya maka siapa lagi yang mau peduli. Taukah anda bahwa keberadaan kota pisang lumajang masih belum banyak diketahui orang. Malah sebaliknya predikat kabupaten lumajang yang dimanapun terdapat tumbuhan masih belum diakui banyak orang disana karena pisang yang ada di Indonesia ini sangat banyak dan tersebar di semua daerah bahkan di daerah lain. Ini diperparah lagi bahwa produksi pisang lumajang semakin hari semakin merosot ke angka under expectation :(
Miris bukan?
Sudah taukah anda tentang batik lumajang? jika tidak tau jangan mengaku orang lumajang deh. Cintai produk dari kalangan sendiri lah.
Lihat ini dulu.

Keren kan batik Lumajang?
Silahkan anda datang ke spot batik di Lumajang dan membelinya agar mereka pengrajin batik tetap hidup dan terlestarikan.
Disini aku ingin menekankan bahwa aku ingin dan tersadar untuk melestarikan itu. Dan gerakan ini semoga juga disadari bagi kalangan yang berpikir sepertiku. Aku harap banyak yang peduli. Minimal kalau tidak suka itu melihat agar bagi para penerus kebudayaan tetap ada ranah untuk pertunjukkan dan menghidupkan kebudayaan yang ada.

Source By : http://hafidhmind.wordpress.com/2013/07/06/budaya-lumajang/


Gambar : Alun-alun Kota Lumajang
 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan